Minggu, 02 Mei 2010

LETS BUILD NEW SPIRIT!

Pernahkah kamu menghadapi situasi dimana harus memutuskan atau menentukan pilihan, tapi diri kamu dipenuhi keragu – raguan karena berbagai pertimbangan tentang “bisakah aku?” “jangan – jangan”………….”, “Kalau……lalu bagaimana ?” Sementara sahabatmu dengan penuh percaya diri memberimu semangat dengan jawaban “ah……….itu sih gampang”,…….Siapa takut?”



Kamu dan sahabatmu punya perbedaan yang sangat berpengaruh dalam menentukan keberhasilan, yaitu cara melihat sesuatu bisa dari sisi positif, bisa juga dari sisi negative, atau yang kita kenal “Negative and Positive Thinking”.

Berpikir Positip ternyata memberikan peluang seseorang untuk menjadi seorang pemimpin. Oleh karenanya “berpikir Positip” merupakan materi penting yang diberikan dalam training CEO (Chief Executive Officer) di dunia manager. Bahkan keberhasilan Miss Universe Th. 2005 ternyata sangat ditentukan oleh prinsip hidupnya yang selalu berpikir positip. Ini terbukti dari pengakuannya pada saat juri bertanya : “Apa yang anda anggap paling penting dalam hidup kamu ? dengan penuh keyakinan dia menjawab : Saya selalu belajar dan mencoba untuk berpikir positif. Dengan berpikir positif akan memberikan dampak cukup kuat pada Kedamaian Dunia. Dan ternyata jawaban itulah yang membuatnya terpilih menjadi Miss Universe Th. 2005.

Sangat berarti untuk membangun sikap dan perilaku positif. Ada 12 Tips cara untuk membangun sikap menjadi lebih Positif, antara lain :

1. kamu bisa memilih bersikap Optimis.

Orang yang pesimis itu focus kepada yang negative (seperti memandang segelas air sebagai setengah kosong/air yang sudah tak ada). Sedangkan yang optimis focus memandang yang positif (seperti memandang segelas air sebagai setengah penuh) Siapakan yang lebih baik cara pandangnya? Siapakah yang lebih mungkin bahagia, lebih yakin dan lebih pasti?

2. Kamu bisa memilih menerima segalanya apa adanya

Ini tidaklah berarti bahwa kamu menjadi tak semangat dan menyerah. Artinya kamu tidak bergumul, merengek, dan memebenturkan kepalamu ke tembok ketika segalanya tidak beres. Sebenarnya perilaku yang menjadikan kamu korban yang tiada berdaya (yang memakanmu itulah yang menambah beban atas semangatmu). “Terimalah segalanya apa adanya, bukan seperti yang kamu angankan saat ini. Masa lalu sudah lewat, masa depan masih misteri dan saat inilah karunia, itulah sebabnya saat ini disebut “present = hadiah”. Oleh karenanya saat ini pergunakanlah sebaik – sebaiknya.

3. Kamu bisa memilih cepat pulih

Mengembangkan sikap – sikap positif tidaklah berarti bahwa kamu tidak akan pernah mengalami kepedihan, penderitaan, atau kekecewaan. Selain itu, mengembangkan sikap – sikap positip tidaklah berarti kamu seharusnya mengabaikan masalah. Masalahpun selalu mempunyai sisi sebaliknya. Kalau kamu gagal dalam ujian, belajarlah lebih giat lagi atau cari pembimbing. Kalau kamu kehilangan teman, perbaikilah persahabatan tersebut, atau mencari teman baru. Kalau kamu tidak suka penampilanmu, kembangkanlah kepribadian kamu yang fantastis.

4. Kamu bisa memilih cerita

Mulailah dengan menolak hal – hal yang suram, sungginglah senyum. Kalau kamu melontarkan kata – kata yang positif, prmikiran – pemikiran yang positif, dan perasaan – perasaan yang positif, maka orang – orang (serta hal – hal) yang positif akan tertarik kepadamu.

5. Kamu bisa memilih bersikap antusias.

Sambutlah setiap harinya dengan semangat. Laksanakanlah tugas – tugasmu dengan penuh semangat. Semakin kamu bersemangat, maka semakin orang – orang disekelilingmu punmerasa dan bersikap demikian, “Semangatlah…..!”

6. Kamu bisa memilih lebih peka.

Kalau kamu lebih peka terhadap masalah – masalah potensial, maka kamu bisa lebih siap menghadapinya dan bahkan mengelak. Kamu juga bisa peka terhadap pengalaman – pengalaman positif. Misal, bila kamu dengar pengumuman tentang uji coba tim atau klub baru, maka catatlah waktu dan tempatnya dan berencanalah mengikutinya, kamu akan memperoleh sesuatu hal yang baru.

7. kamu bisa memilih humor.

Kalau kamu melakukan sesuatu yang konyol (semua orangpun pernah) jangan melewatkan peluang untuk menertawakan diri sendiri. Itulah salah Satu sukacita besar kehidupan. Kalau kamu banyak tertawa, kamu akan sehat. Tawa itu mengeluarkan kimiawi tertentu dalam tubuhmu yang merangsangmu dan dapat memebantumu bertumbuh dengan sehat. Humor dan tertawa itu sehat.

8. Kamu bisa memilih sportif

Sportif artinya menerima kekalahan dengan positif sambil tersenyum, menjabat tangan sang pemenang, tidak menyalajkan orang lain taua keadaan atas kekalahan itu. Sikap ini bisa memenangkan teman seandainyapun kamu tidak memenangkan pertandingan atau kompetisinya. “Sportif” berarti pula tidak perlu mengejek yang kalah ketika kamu menang.

9. Kamu bisa memilih rendah hati

Kalau kamu benar benar berkepentingan terhadap sesame, mereka akan melihat kualitas baikmu seandainyapun kamu tidak mengiklankannya. Mereka tidak akan merasa bahwa kamu berusaha memanipulasi mereka, berbuatlah untuk sesama karena Tuhanmu

10. Kamu bisa memilih bersyukur

Renungkanlah : Mungkin banyak sekali yang bisa kamu syukuri. Rasa syukur membuatmu tersenyum. Itu membuatmu senang dengan kehidupanmu. Dan orang lain pun senang di dekatmu. Bersyukur bisa memberikan ketenangan bagi dirimu.

11. kamu bisa memilih beriman

Bagi sementara orang, ini berarti percaya kepada Allah Yang Maha Kuasa atau kuas yang lebih tinggi lainnya. Beriman artinya percaya bahwa segalanya akan beres bagimu dan bahwa kamu bisa membereskan segalanya sendiri. Kalau kamu perkirakan akan gagal, mungkin mencapai sasaranmu.

12. Kamu bisa memilih berpengharapan

Pengharapan mungkin merupakan sikap positifmu yang terpenting dasar bagi segala sikap poritif lainnya. Apakah yang kamu harapkan? Apa sajakah impianmu?Apa sajakah ambisimu? Maksudmu dalam kehidupan ini? Kalau kamu mau mempertimbangkan pertanyaan – pertanyaan tersebut kamu sudah menjadi individu yang berpengharapan. “Pengharapan adalah sesuatu yang bersayap – Yang hingga pada Jiwa – Dan bersenandung tanpa kata – Dan tidak pernah berhenti – sama sekali.

“Semoga harapanmu tercapai dan mulialah dari hari ini”

Tulisan ini di sunting dan diedit oleh Moh. Ghozy, Konselor Lembaga Konsultasi “Mitra Remaja” dari Buku “What Do You Stand For”, diterjemahkan dengan judul “Character Building Untuk Remaja”, Barbara A. Lewis, 2004

*************************************************************************************

Have you ever faced a situation in which to decide or determine the choice, but you're filled with self-doubt - doubt because of various considerations about "Can I?" "Do not - do" ... ... ... .... "," If ... ... then what? "While your best friend with confidently give you a spirit with the answer "ah ... ... .... it was easy", ... .... Who's afraid? "

You and your friend have a difference which is very influential in determining success, ie how to see things can be from the positive side, it could be from the negative side, or as we know it "Negative and Positive Thinking."

Positive Thinking gave an opportunity for someone to become a leader. Therefore, "Positive thinking" is an important material in the training provided by the CEO (Chief Executive Officer) in the world manager. Even the success of Miss Universe Th. 2005 was largely determined by the principle of his life who is always thinking positive. This was evident from his confession at the time the jury asked: "What do you consider most important in your life? he confidently replied: I am always learning and trying to think positive. With positive thinking will provide a strong enough impact on World Peace. And apparently that's what makes the answer was elected Miss Universe Th. 2005.

Very meaningful to build positive attitudes and behavior. There are 12 tips how to build a more positive attitude, among others:

1. You can choose to be optimistic.

People are pessimistic that focus to the negative (like looking at a glass of water as half empty / water that was not there). While the optimistic view that a positive focus (like looking at a glass as half full of water) your destination better perspective? Who is more likely to be happier, more confident and more certain?

2. You can choose to accept everything as it is

This does not mean that ye be not the spirit and surrender. This means you are not struggling, whining, and memebenturkan your head against the wall when things went wrong. Actual behaviors that make you the victim who did not spare helpless (which eat that increase the burden on your passion). "Accept everything as it is, not what you imagine today. The past is past, the future remains a mystery, and while this is a gift, that's why today is called "present = gift". Therefore currently redeeming best - preferably.

3. You can choose to recover quickly

Develop an attitude - a positive attitude does not mean that you will never experience pain, suffering, or disappointment. In addition, developing the attitude - positive attitude does not mean you should ignore the problem. Masalahpun always have the reverse side. If you fail the exam, learn to be more active again or search for tutors. If you lose your friends, friendship fix it, or find new friends. If you do not like the way you look, you develop a fantastic personality.

4. You can choose a story

Begin by rejecting things - things that bleak, sungginglah smile. If you throw the word - the word positive, prmikiran - positive thoughts, and feelings - feelings are positive, then the people - people (and things - things) that the positive will be attracted to you.

5. You can choose to be enthusiastic.

Embrace each day with enthusiasm. Carry out the task - your task with enthusiasm. The more you excited, then the person - people around you punmerasa and being so, "Semangatlah ... ..!"

6. You can choose more sensitive.

If you're more sensitive to the issue - a potential problem, then you can be better prepared to face it and even evasive. You can also sensitive to the experience - a positive experience. For example, if you hear an announcement about the trial or a new club team, then record the time and place and the Plan to follow, you'll get something new.

7. You can choose humor.

If you do something stupid (all nobody paid once) do not miss the opportunity to ridicule themselves. That is one great joy of life. If you laughed a lot, you will be healthy. The laughter out of certain chemicals in your body which can memebantumu merangsangmu and grow healthily. Humor and laughter is healthy.

8. You can choose sportif

Sportsmanship means to accept defeat with a positive, smiling, shook hands with the winner, not someone else menyalajkan taua circumstances of defeat. This attitude may win friends Even if you do not win a game or competition. "SPORTIF" also means no need to mock the losers when you win.

9. You can choose to humble

If you are really concerned about the fellow, they will see your good qualities Even if you do not advertise it. They will not feel that you are trying to manipulate them, do to others for the Lord your

10. You can choose to be grateful

Think about it: Maybe a lot that you can be grateful. Gratitude makes you smile. It makes your life happy with. And other people around you happy. Gratitude can provide tranquility for yourself.

11. You can choose to believe!

For some, this means believe in God the Almighty or other higher brush. Believe it means believing that everything will be fine for you and that you can make everything yourself. If you expect to fail, it may reach the target.

12. You can choose hopelessly

Hope is probably the most important attitude positifmu basis for all other poritif attitude. What do you expect? What are your dreams? What are your ambitions? You mean in this life? If you want to consider the question - the question you have to be individuals who are hopeless. "Hope is something with wings - Which to the soul - And the hum without the words - And never stops - at all.

"May your hope and mulialah achieved from today"

This paper is in edit and edited by Moh. Ghozy, Counselors Agency Consultation "Young Partners" from the book "What Do You Stand For", translated under the title "Character Building For Teens", Barbara A. Lewis, 2004

Tidak ada komentar:

Posting Komentar