Kamis, 29 April 2010

PROPOSAL SILASKOTA 7 TAHUN 2010


PROPOSAL KEGIATAN  SILASKOTA 2010


TEMA

“AKU ANAK SHOLEH PENGGERAK LASKAR ZAMAN”
PANITIA SILATURRAHIM ANAK SHOLEH SE-DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2010

PENDAHULUAN

 “Silaturahim Anak Sholeh Se-Daerah Istimewa Yogyakarta 2010” disingkat SILASKOTA 2010” acara tahunan yang diselenggarakan oleh Angkatan Muda Muhammadiyah Kauman Yogyakarta telah menginjak penyelenggaraan yang ke VII. Dengan mengangkat tema besar “AKU ANAK ISLAM PENGGERAK LASKAR ZAMAN” SILASKOTA mencoba membumikan lagi semangat generasi muda islam sebagai Anak Sholeh dengan berbagai rangkaian Lomba.



 NAMA KEGIATAN

 “Silaturahmi Anak Sholeh Se-Daerah Istimewa Yogyakarta 2010” disingkat SILASKOTA 2010”


TEMA

“AKU ANAK ISLAM PENGGERAK LASKAR ZAMAN” 
                                                                                                                         

LANDASAN

      1.  Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara (QS.Hujurat 10)

      2.  Abu Hamzah Anas bin Malik ra, pelayan Rasulullah berkata:

      3. “Rasulullah SAW bersabda Tidak beriman seorang diantara kalian hingga   mencintai saudaranya sebagaimana mencintai dirinya sendiri “ (HR Bukhari dan Muslim)
   
4. Program kerja Remaja Masjid Gedhe Kauman dan Angkatan Muda Muhammadiyah


 MAKSUD DAN TUJUAN

1.     Syiar Islam dalam rangka Peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW.

2.     Memperkuat Silaturrahim anak-anak Islam se-Yogyakarta dan sekitarnya.

3.     Menumbuhkan sikap nasionalisme dalam menghadapi modernisasi dan globalisasi



BENTUK KEGIATAN

  SILASKOTA 2010 meliputi kegiatan-kegiatan:

-         Lomba Cerdas Cermat Agama (CCA)

-         Lomba Musabaqoh Tilawatil Qur’an(MTQ)

-         Lomba  Da’i Cilik

-         Lomba Adzan

-         Lomba Melukis

-         Lomba mewarnai.

SASARAN KEGIATAN



           Anak-anak muslim Siswa Sekolah Dasar se-Daerah Istimewa Yogyakarta



PELAKSANAAN



             Acara ini insyaallah akan dilaksanakan pada

              Hari,tanggal                  : Ahad, 21 Februari 2010

 Tempat                           : Kompleks Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta

                           Waktu               : 07.00 – 17.00 WIB



PENYELENGGARA



Event ini diselenggarakan oleh Remaja Masjid Gedhe bekerjasama dengan Angkatan Muda Muhammadiyah Ranting Kauman (Pemuda Muhammadiyah dan Nasyiatul Aisyiyah Kauman) dibawah arahan Takmir Masjid Gedhe KaumanYogyakarta



TARGET PERSERTA



1.     Lomba Da’i Cilik                                            ; 50  siswa

2.     Lomba Cerdas Cermat Agama(CCA)            : 60 kelompok @ 3 siswa

3.     Lomba Adzan                                                  : 50  siswa

4.     Lomba Melukis                                               : 150 siswa

5.     Lomba Mewarnai                                            : 150 siswa

6.     Lomba Musabaqoh Tilawah Qur’an(MTQ)  : 50 siswa





















SUSUNAN ACARA SILASKOTA 2010



06.30 – 07.00 WIB                     : Daftar Ulang Peserta

07.00 – 08.00 WIB                     : Pembukaan

08.00 – 11.30 WIB                     : Pelaksanaan Lomba Silaskota

11.30 – 12.30 WIB                     : ISHOMA

12.30 – 13.15 WIB                     : Pemutaran Film

13.15 – 14.00 WIB                     : Final CCA

14,00 – 14.15 WIB                     : Pengundian Doorprize

14.15 – 14.30 WIB                     : Pengumuman Juara dan Pembagian Hadiah

14.30 – 14.45 WIB          : Penampilan Juara 1 Da’i Cilik dan Penutupan



SUSUNAN KEPANITIAAN

Penasehat                      : Takmir Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta



Penanggungjawab        : Ketua Takmir Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta



Ketua Panitia              : Ridwan Wicaksono

Sekretaris                1  : Rizqi Rahmad

                                 2  : Ferry Agusta Putra                                                   

Bendahara             1  : Nur Insyiroh Syafda

                                 2 : Tista Maneka Asfinsari  

Divisi-divisi :

Divisi Kesekretariatan                          

·        Koordinator                  : Rika Noor Tamara

·        Anggota                        : Widitra Maulida

Divisi Acara               

·       Koordinator                : Nurrafinda Hani

                                                Wuri Yuli Adhani

·       Anggota                       : Ilda Amalina

                                                Septi Lia Dewi

                                                Annisa Desi .H                                           

Divisi Perlengkapan               

·        Koordinator                  : Oka Arianto

                                                   Muh. Subchi .A

                                                   Dona Bagus Saputra

                                                    Rahman Amrullah

·         Anggota                       : Muh.Choirul Zanuar

                                                   Rahadian .W

Divisi Pubdekdok                               

·         Koordinator                  : Alfian Rizky

                                                    Aunurrofiq Fitriadi

·         Anggota                       : Arya Pranadipa

                                                 Rian Fauzi

Divisi Konsumsi        

·        Koordinator                  : Sakinah Adelia Fiimanti

·        Anggota                         : Azka Ramadhan

                                                   Muh. Aufa Faris

Divisi Humas&Sponsorship

·      Koordinator                  : Muh. Fajar Septianto           
       Anggota                          :Haris Agus Setiawan 
                                                Fendi Ramadhan         
  Divisi Lomba                                    

·       Lomba CCA                    

o   Koordinator                  : Lifhya ahadiati akmala

o   Anggota                         : Faya Mahdia

Indah Dwi Lestari

Dian Amalia fitriani

·         Lomba Da’i                     

o   Koordinator                 : M. Esa Permana Putra

                                               Muh.Deni Kristanto

o   Anggota                         : Cahyo Nur Lukman

·       Lomba MTQ                    

o   Koordinator                  : Caesar Togana

o   Anggota                         : Yusuf Khairunnas

·       Lomba Adzan                  

o       Koordinator           : Muh.Zulizar Amri

o       Anggota                  : Fikri Rachinadani Ichsan

·       
Lomba Melukis               

o       Koordinator           : Nieza Nazati

o       Anggota                  : Shafira Cahyani

  Afif

·       Lomba Mewarnai

o       Koordinator           : Nisrina Sabrina

o       Anggota                  : Ayyu Khoiron

  Vienta




RENCANA ANGGARAN SILASKOTA 2010



 PENGELUARAN

Kesekretariatan

             Kertas Kop 1 rim                                                            Rp.   100.000,00

             CoCard Peserta @Rp1000x500                                    Rp.   500.000,00

CoCard Panitia @Rp.1000x50                                      Rp.     50.000,00

Sertifikat @ Rp2000x500                                              Rp.1.000.000,00

Stiker @ Rp 500x500                                                     Rp.   250.000,00

Penjilidan Proposal                                                      Rp. 200.000,00
                                                                                                      
                                                                                                           Rp.2.100.000,00

Hadiah Lomba

             Trophy Juara I, II, III dan harapan I,II

             @ Rp 600.000/ Paket x 6                                               Rp.3.600.000,00

             Uang Pembinaan : (JuaraI,II,III) dan harapan I,II

             - Lomba CCA                                                   

                          a. Juara I           Rp.600.000,00                                                 

                          b. Juara II         Rp.450.000,00

                          c. Juara III        Rp.300.000,00

Rp.1.350.000,00

             - Lomba Melukis

                          a. Juara I           Rp.500.000,00                                    

                          b. Juara II         Rp.400.000,00

                          c. Juara III        Rp.300.000,00

                          d. Harapan I     Rp.200.000,00

                          e. Harapan II    Rp.100.000,00

                                                                                                      Rp.1.500.000,00

- Lomba MTQ

                          a. Juara I           Rp.500.000,00                                    

                          b. Juara II         Rp.400.000,00

                          c. Juara III        Rp.300.000,00

                          d. Harapan I     Rp.200.000,00

                          e. Harapan II    Rp.100.000,00

                                                                                                      Rp.1.500.000,00







- Lomba Mewarnai    

                          a. Juara I           Rp.500.000,00                                    

                          b. Juara II         Rp.400.000,00

                         c. Juara III        Rp.300.000,00

                          d. Harapan I     Rp.200.000,00

                          e. Harapan II    Rp.100.000,00

                                                                                                      Rp 1.500.000,00









- Lomba Adzan

                          a. Juara I           Rp.500.000,00                                    

                          b. Juara II         Rp.400.000,00

                          c. Juara III        Rp.300.000,00

                          d. Harapan I     Rp.200.000,00

                          e. Harapan II    Rp.100.000,00

                                                                                                      Rp.1.500.000,00

             - Lomba Da’I Cilik    

                          a. Juara I           Rp.500.000,00                                    

                          b. Juara II         Rp.400.000,00

                          c. Juara III        Rp.300.000,00

                          d. Harapan I     Rp.200.000,00

                          e. Harapan II    Rp.100.000,00

                                                                                                      Rp.1.500.000,00

Rp.12.450.000,00

Perlengkapan

             Sewa tempat & Perkap                                                   Rp 1.000.000,00

             Transportasi                                                                    Rp    500.000,00           

                                                                                                                    Rp.1.500.000,00

Konsumsi

             Konsumsi Rapat                                                              Rp.   300.000,00

             Snack Tamu undangan                                                   Rp.   200.000,00

               Snack Juri 18 x @ 5000                                               Rp.     90.000,00

               Snack Peserta 500 x @ 3000                          Rp.1.500.000,00

 Makan Siang Peserta 500 x @ 5000                           Rp.2.500.000,00                        

               Snack Panitia 80 x @ 5000                                          Rp.   400.000,00

               Makan Siang  Juri dan Panitia

                          80 x 7.000,00                                                     Rp.   560.000,00

 Rp.5.550.000,00





Publikasi Dokumentasi dan Dekorasi

             Leaflet                                                                              Rp.   200.000,00

             7 Spanduk Lomba       @ 100.000                                Rp.   700.000,00

             Dekorasi Tempat Lomba                                                Rp.   800.000,00

             Spanduk Publikasi @ 100.000                                     Rp.   400.000,00

             Poster                                                                               Rp.   750.000,00

             Pin 65 buah@3000                                                        Rp.   200.000,00

                X-Baner                                                                           Rp.   200.000,00

             Umbul-umbul                                                                  Rp.   200.000,00

             Dokumentasi                                                                   Rp.   150.000,00

             Baju Panitia 50 @ 60.000                                              Rp.3.000.000,00

                                                                                                                    Rp.6.600.000,00

Puncak Acara

                      Fee Pembicara                                                        Rp.   150.000,00

                    Fee Juri                                        

                      @ 75.000,00x18                                                    Rp.1.350.000,00

                                                                                                         Rp.1.500.000,00

Jumlah                                                                                             :Rp.29.700.000,00

Tak terduga                                                                                     :Rp.   2.970.000,00 

Total Pengeluaran                                                                          :Rp.32.670.000,00



PEMASUKAN

Pendaftaran Rp. 15.000 x 500                                                                : Rp.  7.500.000,00

Takmir                                                                                          : Rp.20.250.000,00

Donatur                                                                                        : Rp.  1.000.000,00

Sponsor                                                                                        : Rp.  3.920.000,00

             Total Pemasukan                                                                                      :Rp.32.670.000,00







PENUTUP



Demikian proposal SILASKOTA 2010 kami ajukan untuk mendapat persetujuan dan dukungan moral maupun material demi tercapainya maksud dan tujuan serta terlaksananya kegiatan.

Atas perhatian dari semua pihak kami ucapkan terima kasih.







                                                                                           Yogyakarta, 24  Januari  2010

                                                                   PANITIA PELAKSANA SILASKOTA  2010

                                     TAKMIR MASJID GEDHE KAUMAN YOGYAKARTA



Sponsorship

“SILASKOTA 7”



Sebagai perusahaan atau instansi yang responsif terhadap lingkungan sosial, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kemajuan bangsa, kami mengajak bapak/ibu untuk berpartisipasi dan bekerjasama melalui paket sponsorship yang kami tawarkan dengan mencantumkan nama dan logo dalam semua acara yang diselenggarakan oleh panitia pelaksana silaskota 7, juga beberapa kontrapretasi lain sesuai dengan beberapa paket yang kami sediakan.

Keuntungan yang dapat dicapai oleh perusahaan atau instansi yang mensponsori kegiatan ini adalah:

1.      Mendapatkan publikasi dan citra yang baik di kalangan masyarakat, civitas akademika dan perserikatan Muhammadiyah kaitan erat dengan promosi yang diadakan sehubungan dengan berlangsungnya kegiatan ini.

2.      Mendapatkan kesempatan promosi (pemasaran produk) dan publikasi yang ditujukan kepada Captive Audience (peserta) dalam kegiatan ini.

3.      Mendekatkan perusahaan atau instansi ke masyarakat karena kegiatan ini berinteraksi langsung dengan masyarakat umum

4.      Meningkatkan efisiensi dan efektifitas kinerja perusahaan atau instansi dalam kegiatan promosi produknya



Adapun beberapa alternatif yang kami tawarkan untuk sarana promosi yang tepat dan efisien kepada pihak sponsorship adalah sebagai berikut:



Sponsor Tunggal

Sponsor tunggal merupakan pihak yang bersedia berpartisipasi dalam seluruh rangkaian acara SILASKOTA 7 “Aku Anak Islam Penggerak Laskar Zaman” dengan membiayai sebesar 75% biaya penyelenggaraan kegiatan yaitu sebesar Rp 22.500.000,00 (Dua Puluh Dua Juta Lima Ratus Ribu Rupiah).

Bentuk promosi program lain yang ditawarkan adalah sebagai berikut:



A. Platinum Programme

Platinum Programme merupakan paket yang diperuntukkan bagi sponsor dimana pihak ini bersedia berpartisipasi dalam seluruh rangkaian acara SILASKOTA 7 “Aku Anak Islam Penggerak Laskar Zaman”  dengan membiayai sebesar 50% biaya penyelenggaraan kegiatan yaitu sebesar Rp 15.000.000,00 (Lima Belas Juta Rupiah) .



B. Gold Programme

Gold Programme merupakan paket yang diperuntukkan bagi sponsor dimana pihak ini bersedia berpartisipasi dalam seluruh rangkaian acara SILASKOTA 7 “Aku anak Islam penggerak laskar Zaman” dengan membiayai sebesar 25% biaya penyelenggaraan kegiatan yaitu sebesar Rp.7.500.000,00 (Tujuh Juta Lima Ratus Ribu Rupiah)

C. Silver Programme

Silver Programme merupakan paket yang diperuntukkan bagi sponsor dimana pihak ini bersedia berpartisipasi dalam seluruh rangkaian acara SILASKOTA 7 “Aku Anak Islam Penggerak Laskar Zaman”  dengan membiayai sebesar 12,5% biaya penyelenggaraan kegiatan yaitu sebesar Rp.3.750.000,00 (Tiga Juta Lima Ratus Ribu Rupiah) .



D. Paket Ekonomis

Paket Ekonomis merupakan paket yang diperuntukkan bagi sponsor dimana pihak ini bersedia berpartisipasi dalam seluruh rangkaian acara SILASKOTA 7 “Aku Anak Islam Penggerak Laskar Zaman”  dengan membiayai sebesar 5% biaya penyelenggaraan kegiatan yaitu sebesar Rp.1.500.000,00 (Satu Juta Lima Ratus Ribu Rupiah) .



Adapun paket lain dalam program sponsorship yang kami tawarkan adalah sebagai berikut:



Official Media Partner

             Official Media partner adalah pihak yang membantu panitia dalam bidang pemublikasian acara sebelum dan sesudah acara SILASKOTA 7 “Aku Anak Islam Penggerak Laskar Zaman”  maupun yang membantu pelaksanaan acara.

Dalam hal ini Official Media Partner dapat berupa:

a. Media Publikasi Cetak

b. Media Publikasi Elektronik

Dengan macam sebagai berikut:



A.     STASIUN TELEVISI

Sistem: Menayangkan iklan sebanyak 6 kali penayangan durasi 15 detik selama 2 x 1 minggu selama 1 bulan hingga hari pelaksanaan.



B.     RADIO

Sistem:

1.      Menyiarkan iklan spot sebanyak 3 kali penyiaran per hari selama 1 minggu   sebelum acara.

2.      Bekerjasama mendistribusikan tiket seminar di kantor radio bersangkutan (tiket box) dengan jatah/kuota tiket sesuai kesepakatan.



C.     MEDIA CETAK

Sistem:

   1. Menayangkan iklan sebanyak 1 kali tayang berukuran 4 kolom x 270 mmk (1/4 halaman) selama acara berlangsung
   2. Press release sebanyak 5 kali selama dua minggu sebelum pelaksanaan acara.



SPESIFIKASI MEDIA PROMO



1.      Presentasi produk/perusahaan

§  Mekanisme:

Pihak sponsor yang mengambil paket Tunggal/Platinum/Gold berhak mengirimkan utusan atau bagian promosinya untuk mempresentasikan dan mengenalkan produk maupun profil perusahaan, dan sebagainya dengan durasi sesuai kesepakatan.

2.      Stand promo

    * Mekanisme:

Pihak sponsor yang mengambil paket Tunggal/Platinum/Gold berhak mendirikan stand promo di sekitar venue acara selama acara berlangsung. Untuk keperluan perlengkapan stand promo ini, diharapkan agar pihak sponsor berkoordinasi dengan panitia.

3.      Backdrop

    * Ruang sponsor (per space)    : 55cm x 25 cm
    * Jumlah                                      : 1 buah

4.      Spanduk acara

    * Ruang sponsor (per space)    : 30cm x 15cm
    * Jumlah                                      : 5 buah

5.      X-Banner

    * Ruang sponsor (per space)    : 8,3cm x 5,5cm
    * Jumlah                                      : 3 buah

6.      Poster

    * Ruang sponsor (per space)    : 3cm x 3cm
    * Jumlah                                      : 1000 eksemplar

7.      Flyer

    * Ruang sponsor (per space)    : 1,2cm x 1 cm
    * Jumlah                                      : 2000 eksemplar

8.      Sertifikat

    * Ruang sponsor (per space)    : 2cm x 2 cm
    * Jumlah                                      : 350 buah

9.      Block note

    * Ruang sponsor (per space)    : 1,5cm x 1cm
    * Jumlah                                      : 300 buah

10.  ID card peserta dan panitia

    * Ruang sponsor (per space)    : 1,5cm x 1cm
    * Jumlah                                      : 300 buah

11.  Handout

    * Ruang sponsor (per space)    : 2,2cm x 1,5cm
    * Jumlah                                      : 300 paket

12.  Stiker

    * Ruang sponsor (per space)    : 1cm x 0,5cm
    * Jumlah                                      : 300 paket

13.  Slide presentasi

14.  Iklan di media partner

15.  Disebutkan dalam acara

--------------------------------- Materi dari pihak sponsor-----------------------------------

16.  Merchandise dan doorprize

17.  Leaflet/brosur sponsor

18.  Slide iklan saat istirahat

19.  Umbul-umbul sponsor

20.  Spanduk sponsor

21.  X-Banner sponsor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar